Vivo X100 Pro membuat saya bersemangat lagi dengan fotografi ponsel

Sehebat apa pun hasil jepretan ponsel cerdas terbaik saat ini dalam hal mengambil foto dari jarak jauh, semuanya sedikit… sama. Itulah sebabnya saya sangat tertarik ketika Vivo X100 Pro memulai debutnya di Tiongkok pada bulan November. Ponsel andalan baru ini adalah yang pertama dengan telefoto periskop mengambang, yang bertujuan untuk meningkatkan kejernihan gambar close-up dan zoom. Kini akhirnya menuju luar negeri untuk pertama kalinya dan membawa serta adik bayi Vivo X100 dalam perjalanan tersebut.

Vivo X100 memiliki semua yang Anda harapkan dari ponsel kelas atas, termasuk layar AMOLED tepi melengkung 6,78 inci yang sangat terang. Vivo berpendapat bahwa ia dapat mencapai puncak 3000 nits dalam kondisi yang tepat, menempatkannya di atas OnePlus 12. Bukan suatu kebetulan bahwa kedua merek tersebut berada di bawah payung BBK Electronics. Resolusi 2800×1260 dan kecepatan refresh adaptif 120Hz juga tidak bisa diabaikan.

Read More

Alih-alih mengemas Snapdragon 8 Gen 3 seperti kebanyakan produk yang datang terlambat pada tahun 2023 – termasuk sesama merek BBK OnePlus dan Realme – Vivo X100 Pro memiliki silikon terbaru dan terhebat dari MediaTek. Dimensity 9300 terlihat hampir sama kuatnya di atas kertas, dan seharusnya dua kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya dalam hal tugas-tugas yang dibantu AI, sekaligus lebih hemat daya.

Ini dipasangkan dengan RAM 16GB dan penyimpanan 512GB. Ada baterai 5400mAh yang cukup besar agar tetap terisi, dan pilihan pengisian kabel cepat 100W atau isi ulang nirkabel (masih sangat cepat) 50W. Semuanya menjalankan Android 14, dengan skin Funtouch Vivo berada di atasnya.

X100 Pro Asteroid Hitam 2

Namun sungguh, ini adalah pengaturan kamera belakang yang paling saya sukai. Telefoto 50MP, f/2.5 adalah yang pertama dari jenisnya yang mendapatkan sertifikasi Zeiss APO, yang berarti optiknya menyelaraskan warna merah, hijau, dan biru pada bidang fokus yang sama. Itu pada dasarnya berarti fotografer “jauh, jauh lebih baik” daripada kebanyakan lensa zoom ponsel. Panjang fokus setara 100mm akan membuat Anda lebih dekat dengan aksi dibandingkan kebanyakan kamera ponsel 3x zoom, dan juga dapat mengatur zoom digital hingga 100x.

Vivo X100 Pro juga menghadirkan kembali sensor Sony 1 inci luar biasa yang digunakan pada Vivo X90 Pro tahun lalu untuk kamera utamanya. Jumlah piksel 50MP, lensa Zeiss f/1.8, autofokus berbantuan laser, dan stabilisasi gambar optik berarti kamera ini akan menghasilkan close-up depth-of-field yang sama indahnya. Ultrawide 50MP, f/2.0 kemudian memiliki kemampuan fokus otomatisnya sendiri, dan semuanya disalurkan melalui chip pencitraan khusus.

Mungkin jangkauannya tidak terluas di negara-negara Barat, namun Vivo telah memproduksi beberapa kamera ponsel cerdas yang menakjubkan di masa lalu. Saya sangat antusias melihat apa yang dapat dilakukan algoritma pemrosesan gambar selama satu tahun lagi untuk sensor 1 inci tersebut, dan bagaimana algoritma ini mampu bersaing dengan pesaing ternama termasuk Google Pixel 8 Pro dan Apple iPhone 15 Pro Max.

X100 sedikit melemahkan segalanya

Tampilannya hampir sama, memiliki tampilan yang sama, dan ditenagai oleh CPU yang sama, namun Vivo X100 menggunakan baterai yang lebih kecil yaitu 5000mAh. Ia juga tidak memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel, tetapi meningkatkan kecepatan kabel hingga 120W yang sangat cepat.

Perbedaan terbesar terdapat pada modul kamera. Ultrawide 50MP tetap sama, tetapi sensor utama 1 inci hilang dan digantikan oleh unit 50MP yang sedikit lebih kecil. Lensa telefoto kini menggunakan sensor 64MP, kaca aperture f/2.6 dan maksimal pada zoom optik 3x.

Kedua ponsel tersebut diluncurkan di pasar luar negeri Vivo, yang sayangnya tidak mencakup Amerika Serikat atau Inggris. Kami masih menunggu konfirmasi mengenai negara mana saja yang masuk dalam daftar, dan berapa jumlah yang harus dibayar pelanggan. Di Cina, Vivo X100 Pro berharga 5499 Yuan untuk varian 16GB+512GB (kira-kira $760/£600), sedangkan Vivo X100 12GB+256GB mulai dari 3999 Yuan ($550/£450). Saya mengharapkan keduanya lebih dari itu.

  • Terkait: Apa saja smartphone terbaik untuk fotografi? Sampel penembak top

Related posts