Steam Deck OLED: semua yang perlu Anda ketahui

Valve secara resmi telah meluncurkan Steam Deck OLED yang ditingkatkan, yang meningkatkan konsol game genggam pertamanya di beberapa area utama – terutama layar dan baterai.

Model baru ini mengambil banyak perhatian dari gelombang masuk perangkat genggam berbasis Windows, termasuk Asus ROG Ally dan Lenovo Legion Go. Tapi jangan menganggapnya sebagai Steam Deck 2 yang sebenarnya; sebaliknya ini lebih mirip bagaimana Nintendo Switch OLED terkait dengan Nintendo Switch biasa. Ini adalah alternatif premium yang memainkan semua game yang sama – hanya saja tampilannya jauh lebih baik berkat layar baru yang keren.

Read More

Ini adalah perangkat keras Valve yang terbaru dan paling cemerlang. Tapi apa sebenarnya yang berubah dari aslinya, dan apakah versi OLED jauh lebih baik sehingga pemilik Steam Deck harus mempertimbangkan untuk meningkatkannya? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Peningkatan perangkat keras Steam Deck OLED

Petunjuknya ada pada namanya di sini: peningkatan terbesar Steam Deck OLED adalah tampilannya. OLED 7,4 inci secara fisik lebih besar dari panel LCD 7 inci yang terdapat pada Steam Deck asli, dengan bezel yang jauh lebih ramping. Ini tetap dengan resolusi 1280×800 yang sama, tetapi memiliki kecepatan refresh 90Hz yang lebih tinggi – meskipun masih tanpa teknologi penyegaran variabel apa pun.

Tentu saja panel OLED memberikan kontras yang sempurna, warna yang lebih cerah dan warna hitam pekat yang membuat LCD perangkat genggam asli menjadi malu, dan sudut pandang jauh lebih baik. Ini juga menjadi lebih terang secara signifikan: kecerahan puncak 1000 nits lebih dari dua kali lipat kecerahan aslinya 400 nits. Ada dukungan HDR untuk pertama kalinya, respon sentuhan lebih cepat, dan juga lebih hemat daya.

Ada juga baterai 50wHr yang lebih besar sekarang, yang menurut Valve bagus untuk masa pakai baterai 30-50% lebih lama tergantung pada gamenya. Bahan kimia baterai yang lebih baru berarti pengisian daya 20-80% hanya membutuhkan waktu 45 menit menggunakan paket daya 45W, yang juga mendapat kabel lebih panjang 2,5m.

Perubahan perangkat keras besar lainnya termasuk prosesor 6nm yang lebih efisien dan memori 6400MT/s yang lebih cepat, meskipun hal ini tidak akan meningkatkan kecepatan bingkai ke tingkat yang berarti. Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 menghadirkan pengunduhan yang lebih cepat pada jaringan yang kompatibel dan dukungan codec latensi rendah aptX.

Valve bahkan berhasil mengurangi bobot 30g, sementara kipas yang lebih besar dan blok termal yang lebih besar berarti ia bekerja lebih dingin daripada perangkat genggam aslinya. Stik dan trigger analog telah diubah untuk memberikan respons yang lebih baik, dan sekrup Torx baru di bagian belakang tampaknya membuatnya lebih mudah untuk dibongkar, diperbaiki, atau dimodifikasi – jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Ada daftar lengkap semua perubahan yang tersedia di Situs web SteamDeck.

Apa yang tetap sama?

Steam Deck OLED memiliki dimensi fisik yang sama dengan model aslinya, sehingga semua aksesori dan casing yang dirancang untuknya akan berfungsi dengan versi baru.

Ini memiliki jumlah input yang sama, dengan stik analog ganda, dua touchpad, D-Pad, tombol muka ABXY, dan empat tombol bahu/bumper. Secara internal, slot kartu microSD masih maksimal pada kecepatan UHS 1, dan pengisian daya masih pada 45W melalui USB-C. Kecepatan transfer data juga tidak berubah.

Dari segi perangkat lunak, kedua versi menjalankan SteamOS. Menurut Valve, pembaruan di masa mendatang akan terus mendukung kedua versi perangkat genggam tersebut, jadi Anda tidak perlu khawatir ketinggalan jika tetap menggunakan model aslinya.

Harga dan ketersediaan Steam Deck OLED

Katup Steam Deck OLED belakangKatup Steam Deck OLED belakang

Valve menjual Steam Deck OLED secara eksklusif melalui Steam, di negara tersebut sudah menjual Steam Deck asli. Ini akan tersedia melalui Komodo di Hong Kong, Korea, Jepang dan Taiwan.

Steam Deck OLED mulai dijual pada 16 November – sehari setelah perangkat genggam streaming PlayStation Portal Sony mulai dikirimkan ke pelanggan.

Harapkan untuk membayar $549/£479 untuk Steam Deck OLED dengan penyimpanan 512GB, atau $649/£569 untuk model dengan kapasitas 1TB. Model 1TB dilengkapi dengan tas jinjing yang diperbarui, yang memungkinkan Anda memilih antara perlindungan dan dimensi yang lebih ringkas.

Pelanggan AS dan Kanada juga bisa mendapatkan model 1TB tembus pandang edisi terbatas dengan aksen merah, tetapi hanya selama persediaan masih ada.

Valve akan menghentikan Steam Deck asli versi 64GB dan 512GB, tetapi versi 256GB tetap dijual sebagai model entry-level baru. Itu bisa didapat dengan harga $349/£349.

Haruskah pemilik Steam Deck melakukan upgrade?

Tombol Valve Steam Deck OLED ABXYTombol Valve Steam Deck OLED ABXY

Itu pertanyaan tersulit untuk dijawab saat ini. Steam Deck OLED jelas merupakan peningkatan dari perangkat genggam aslinya, dengan peningkatan besar-besaran pada tampilan depan dan masa pakai baterai yang jauh lebih baik. Meskipun kami belum mencobanya secara langsung, sepertinya ini adalah pilihan yang jelas bagi siapa pun yang belum mencoba Steam Deck dalam bentuk apa pun.

Namun, perangkat keras yang mendasarinya belum menjadi lebih cepat, sehingga game akan dimainkan pada frame rate yang sama di kedua mesin.

Valve dengan tegas mengatakan Steam Deck 2 yang sebenarnya tidak akan hadir dalam waktu dekat – tampaknya prosesor seluler belum menjadi cukup baik untuk membenarkannya – jadi siapa pun yang menginginkan kinerja lebih kurang beruntung. Setidaknya untuk sekarang. Tahun 2025 adalah tanggal yang paling mungkin untuk sekuel sebenarnya.

Kami rasa Anda sebaiknya tetap menggunakan Steam Deck yang ada untuk saat ini – kecuali Anda bisa mendapatkan harga yang sangat bagus di tempat seperti eBay atau Facebook Marketplace. Meski begitu, tidak ada jaminan Valve akan mampu memenuhi permintaan setelah Steam Deck OLED mulai dijual. Stok aslinya biasanya habis selama berbulan-bulan, jadi jika Anda rutin memainkan game Anda, kami juga menyarankan untuk menunggu hingga tingkat stok dikonfirmasi.

  • Terkait: 18 game terbaik untuk dimainkan di Steam Deck hari ini

Related posts