Jika Anda mengikuti revolusi mobil listrik, Anda pasti tahu ada banyak merek yang bisa dipilih. Kebanyakan pembuat mobil tradisional menawarkan kendaraan ramah lingkungan, dan ada banyak generasi baru di bidang ini. Salah satu SUV listrik yang populer adalah Rivian R1, namun hanya tersedia di AS. Sampai sekarang. Dengan hadirnya tiga model SUV listrik baru, Rivian akhirnya menuju Eropa. Yang memimpin adalah R2 yang sangat dinantikan, diikuti oleh saudara kandungnya, R3 dan R3X yang kasar.
- Baca selengkapnya: The Stuff Gadget Awards 2023: Kendaraan listrik terbaik tahun ini
R2 Rivian adalah yang pertama mendarat, dijadwalkan untuk diluncurkan di AS pada paruh pertama tahun 2026, dan Eropa akan segera menyusul setelahnya. Bukan sembarang crossover listrik, SUV listrik ini adalah benteng lima tempat duduk yang dirancang untuk petualangan besar. R2 menawarkan interior lipat datar dan layar belakang bertenaga yang dapat digeser ke dalam tutup bagasi untuk pengalaman di udara terbuka. Fokusnya di sini adalah memaksimalkan ruang dan penyimpanan penumpang. Anda akan menemukan bagasi besar dan banyak penyimpanan interior serta ruang bagasi yang luas. Ia juga punya otak, dilengkapi dengan 11 kamera, lima radar, dan komputer yang membuat mobil bensin Anda terlihat seperti kalkulator saku.
Ia menawarkan tiga opsi powertrain: pengaturan motor tunggal yang dipasang di belakang, motor ganda, opsi penggerak empat roda, dan pengaturan tiga motor yang dipinjam dari R3X. Dua paket baterai menjanjikan kepadatan energi yang lebih besar dibandingkan R1. Plus, R2 dapat mengisi ulang dari 10 hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit, memastikan jangkauan lebih dari 300 mil. Dan bagi mereka yang menjalani kehidupan di jalur cepat, R2 tercepat akan melaju dari 0 hingga 60mph dalam waktu kurang dari satu detak jantung. 3 detik, tepatnya.
Tidak mau kalah, R3 Rivian dan saudara kandung gladiator off-roadnya, R3X, bersiap untuk mengukir jalur mereka sendiri. R3X, khususnya, menarik perhatian dengan meluncurkan powertrain tri-motor yang kami sebutkan di atas. R3, sebaliknya, adalah David di antara Goliat. Lebih kecil, lebih terjangkau, namun tidak berarti kurang mampu. R3 berbagi DNA dengan R2, menawarkan kekuatan dinamis dan kepraktisan serupa dengan interior lipat datar dan layar belakang multi-ketinggian yang dapat disesuaikan.
Kedengarannya bagus, tapi berapa biayanya? R2, yang mengincar Model Y dan Volkswagen ID 4, akan dijual dengan harga $45000/£35300. Sedangkan untuk R3 dan mitranya yang lebih besar, R3X, Rivian tidak menjelaskan secara spesifik harga dan tanggal peluncurannya. Harapkan harga yang lebih mahal, merayap di kisaran $50000.
- Terkait: Saya menggunakan bantuan pengemudi BlueCruise Ford dalam perjalanan dan saya bersemangat untuk mengemudi sendiri