PlayStation 6: apa yang ingin kami lihat dari konsol generasi berikutnya Sony

Konsol game datang dan pergi, tetapi satu hal yang pasti: para insinyur pintar di Sony, Microsoft, dan Nintendo sedang bekerja keras untuk menciptakan generasi konsol baru. Ini adalah ritme yang telah hilang bahkan sejak sebelum NES dan Sistem Master. Generasi saat ini telah bermain sejak pengumuman PS5 pada tahun 2019, dan saat ini berada di masa jayanya. Tapi fitur apa yang bisa kita harapkan di PlayStation 6 yang tak terhindarkan?

Kami cukup yakin Sony sedang mengerjakan sesuatu – dan bukan hanya PS5 Slim yang baru saja diumumkan. Raksasa elektronik Jepang ini sudah memiliki merek dagang yang terdaftar hingga PlayStation 10. Konsol cenderung dirilis sekitar lima tahun setelah awal pengembangannya, dan daftar pekerjaan tahun 2021 dari Sony mencari seseorang untuk berkontribusi “…untuk mengidentifikasi dan mengembangkan portofolio teknologi platform PlayStation masa depan” menunjukkan bahwa kita mungkin melihat konsol tersebut pada tahun 2026.

Read More

PlayStation 4 berusia tujuh tahun ketika PS5 diluncurkan, jadi waktunya tepat, tetapi hal-hal seperti PS4 Pro (dan kemungkinan PS5 Pro) mungkin sedikit mengganggu jadwal.

  • Headset PS5 terbaik diulas dan diberi peringkat

Spesifikasi: lebih sama?

PS4
  • Membaca: Game mendatang terbaik untuk dimainkan

Ada dua kemungkinan arah yang bisa diambil oleh PlayStation 6. Ini harus menjadi versi PS5 yang lebih kuat, sama seperti PS5 dari PS4. Itu berarti chip APU yang lebih kuat dari AMD, dengan inti pemrosesan yang lebih cepat dan kemampuan grafis yang lebih banyak untuk frame rate yang lebih baik dan efek yang lebih banyak pada resolusi 4K.

Kami sangat ingin melihat PS6 mencapai 4K/60fps. Situasi saat ini, di mana resolusi dan frame rate bisa naik dan turun tergantung kebutuhan game, masih kurang optimal. Mode kinerja dan kualitas memperkeruh apa yang akan Anda dapatkan. Layar 8K juga masih super-niche, jadi tidak masuk akal untuk menargetkan resolusi yang lebih tinggi dulu.

Pendekatan ini juga berarti lebih banyak RAM dan SSD yang lebih besar, bahkan mungkin lebih cepat daripada drive PCIe 4.0 terbaik yang dapat digunakan PS5. Banyak yang telah dibuat tentang kecepatan SSD PS5 pada peluncuran konsol, dengan kemampuannya untuk memotong waktu muat dan secara umum memasukkan banyak data ke RAM konsol jauh lebih cepat daripada yang bisa dilakukan oleh hard drive yang berputar, jadi kemungkinan besar ini adalah salah satu areanya. para desainer konsol akan terus mendorong. Drive PCIe 4.0 memiliki kecepatan baca sekitar 7 Gbps, sehingga melengkapi PS6 dengan antarmuka PCIe 5.0 dapat meningkatkan kecepatan baca dua kali lipat.

Keuntungannya adalah pengembang game dapat terus menggunakan alat pengembangan dan kompilasi yang mereka gunakan saat ini: dengan mempertimbangkan perubahan kecepatan jam dan kemampuan pemrosesan grafis namun tidak harus mempelajari cara baru dalam melakukan sesuatu. Pengembang Sony sering kali mampu memberikan performa ekstra dari konsol PlayStation, dan siapa pun yang memiliki kekuatan lebih untuk bermain akan membuat game generasi berikutnya lebih realistis dan spektakuler.

GPU juga menjadi semakin penting dalam komputasi dalam beberapa tahun terakhir karena merupakan chip yang digunakan untuk menjalankan AI dan model pembelajaran mesin lainnya. Kemungkinan hal ini akan dimasukkan ke dalam game masa depan sangat besar, baik untuk memberikan dialog alami dengan cepat, untuk membuat gambar sesuai dengan tindakan pemain, atau sebagai jenderal musuh untuk melawan gelombang tank Anda, jadi kami ingin melihatnya sejumlah besar inti grafis di konsol masa depan untuk melakukan lebih dari sekadar mendorong piksel.


Prosesor khusus?

PS5 dan pengontrolPS5 dan pengontrol

Kami pikir kecil kemungkinannya Sony akan kembali ke jalur yang diambil untuk konsol PS2 dan PS3, dan membuat prosesor khusus yang sepenuhnya terpisah dari prosesor lain yang ada di pasaran.

Prosesor Sel PS3 khususnya memiliki reputasi sulit untuk dikembangkan. Ini terdiri dari beberapa jenis unit pemrosesan yang berbeda, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri, sehingga sulit untuk menulis kode yang dapat menggunakan semua sumber daya yang tersedia secara efisien.

Chip AMD yang digunakan di PS4 dan PS5 tidak memiliki masalah ini, dan cukup mirip dengan chip yang digunakan di PC dan konsol Xbox sehingga membuat hidup para pengembang lebih mudah. Versi siap pakai atau versi adaptasi dari perangkat keras yang sudah ada jauh lebih murah dibandingkan mengembangkan silikon Anda sendiri.

Di era permainan lintas platform dan para pemegang saham terobsesi dengan margin keuntungan, kita tidak bisa membayangkan Sony mencoba melakukannya sendiri di bidang perangkat keras.


Streaming: di awan

Kita telah melihat konsol digital saja pada generasi ini, termasuk model PS5 tanpa drive disk. Tapi bagaimana dengan konsol yang murni hanya online? Sony, Microsoft, Nvidia, Google, dan Amazon telah mencoba layanan cloud gaming di mana Anda menggunakan aplikasi yang berjalan di tablet, laptop, TV, atau perangkat lainnya. Beberapa bahkan ada di dalam pengontrolnya sendiri.

Mengalihkan PS6 menjadi konsol streaming mungkin tidak mungkin terjadi saat ini. Infrastruktur broadband berkecepatan tinggi yang diperlukan untuk membuatnya berfungsi belum cukup, namun hal ini mungkin merupakan sesuatu yang mungkin akan didorong lebih keras oleh Sony di masa depan.


Genggam: saat bepergian

Proyek Sony QProyek Sony Q

Ada juga beberapa kemungkinan masa depan PlayStation yang kemungkinannya lebih kecil. Salah satunya adalah Sony mengambil jalur Nintendo, dan menggabungkan lini konsol rumah dan portabelnya. Kami sudah lama tidak melihat PSP sejak matinya Vita, jadi PlayStation yang mirip Switch berpotensi mengisi celah tersebut.

Playstation Portal, perangkat genggam yang diumumkan di PlayStation Showcase tahun 2023, terlihat seperti seseorang memotong pengontrol DualSense menjadi dua dan memukul iPad di celahnya. Ini mengalirkan game melalui Wi-Fi dari PS5 Anda menggunakan kemampuan Remote Play. Ini adalah cara yang sangat menarik untuk memisahkan PS5 dari TV, dan sesuatu yang kami ingin lihat lebih jauh lagi dengan PS6.


Kemungkinan fitur PS6 lainnya

Meskipun belum ada yang bisa dikonfirmasi, bisa dipastikan sebagian besar teknologi yang diperkenalkan untuk generasi PS5 akan dibawa ke PS6.

Itu termasuk DualSense, yang menghadirkan fitur unik seperti umpan balik haptik ke pengontrol PlayStation yang sudah dikenal. Mampu merasakan ketegangan pada tali busur atau harus menekan lebih keras untuk memberikan tekanan yang cukup pada pedal rem menambah lapisan baru dalam permainan – sedemikian rupa sehingga Microsoft tampaknya berencana menggunakan teknologi serupa di Xbox berikutnya. Berharap untuk melihatnya kembali, baik dalam bentuk yang sama atau lebih baik, di PS6.

Kami juga yakin teknologi audio nirkabel PlayStation Link akan terintegrasi penuh ke dalam konsol, memungkinkan Anda mengalirkan audio tanpa latensi ke earphone atau headphone Anda. Produk PlayStation Link saat ini menggunakan dongle USB yang dihubungkan ke konsol PS5; masuk akal jika Sony ingin menyederhanakan proses untuk konsol generasi berikutnya.

  • Baca: Perangkat genggam PlayStation dikonfirmasi: semua yang kita ketahui tentang 'Portal Playstation'

Related posts