Sejak ID 3 memulai debutnya pada tahun 2019, penggemar VW telah menuntut versi performanya. Lagi pula, Volkswagen mempopulerkan hot hatch ini dengan Golf GTI orisinalnya – jadi apa persamaannya dengan mobil listriknya? Penantiannya tidak sia-sia: ID 3 GTX sekarang resmi, dan akan tersedia di dealer akhir tahun ini.
Akan ada dua varian yang ditawarkan, yakni GTX dan GTX Performance. GTX mengirimkan tenaga sebesar 282bhp melalui gandar belakangnya – peningkatan besar dari 201bhp yang ditemukan pada versi paling kuat dari VW ID 3 standar – namun Performa GTX naik hingga mencapai 321bhp. Keduanya menghasilkan torsi besar sebesar 401lb-ft, lebih besar dari yang bisa dihasilkan oleh motor turbo V6 VW mana pun. Itu berarti waktu 0-60mph dalam 6,0 detik dan 5,6 detik, dengan kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik yaitu 11mph dan 124mph.
Para insinyur VW juga telah memberikan penyetelan khusus GTX pada roda gigi, dan memetakan kembali kontrol sasis adaptif yang akan membantu menciptakan berkendara yang menyenangkan melalui bagian-bagian yang berliku. Sampai saat ini lencana GTX lebih mementingkan kekuatan daripada dinamisme; Saya berharap ID 3 dapat mengatasi hal tersebut, agar lebih sejalan dengan jajaran GTI bertenaga bensin.
Kedua versi GTX mendapatkan baterai 79kWh terbesar dari ID 3, yang mampu melakukan pengisian cepat 175kW pada pengisi daya publik yang cukup besar. GTX belum melalui pengujian jangkauan, tetapi VW memperkirakan jarak 370 mil dapat dicapai pada standar WLTP. Mudah-mudahan hal ini berarti berkendara 'reguler' hampir sejauh 350 mil, jika Anda dapat menahan diri untuk tidak menginjaknya di setiap lampu lalu lintas.
Bumper depan yang dibuat khusus membantu GTX menonjol dari ID 3 biasa; grilnya bergaya berlian sama seperti yang terlihat pada model VW sporty lainnya. Kaca spion, kusen samping, dan panel atap diberi warna hitam kilap, begitu pula diffuser belakang baru. Ia menggunakan paduan 20 inci khusus model yang memberi saya getaran 'ninja shuriken' yang sesungguhnya. Lampu DRL berbentuk panah, lampu depan matriks LED, dan strip lampu LED di bawah bibir kap mesin memberikan tampilan khas di malam hari.
VW mengatakan pembeli akan memiliki pilihan warna, tapi jujur saja: Kings Red metalik adalah satu-satunya 'warna' yang ditawarkan. Empat lainnya – abu-abu, hitam, putih, dan perak – kurang menarik.
Di dalam kabin, kursi sport bermerek GTX harus menambah dukungan samping tambahan; Jika ditemukan vanilla ID 3 sedikit kurang dalam hal itu ketika menangani tikungan yang lebih sempit dengan kecepatan. Pemilih mode berkendara telah dipindahkan dari cluster instrumen ke tangkai terpisah di kolom kemudi untuk memudahkan akses, dan memberi ruang bagi layar sentuh infotainment 12,9 inci yang lebih besar.
Asisten suara IDA telah memasukkan ChatGPT AI dan akses ke sumber daya online seperti Wikipedia, sehingga akan berguna untuk lebih dari sekadar menaikkan suhu kabin atau mengatur tujuan navigasi satelit baru.
ID 3 GTX akan mulai dijual akhir tahun ini. Harga masih TBC untuk saat ini, tapi saya yakin akan ada harga yang lebih mahal dibandingkan ID 3 spesifikasi teratas saat ini, yang dimulai dari £40.050.
- Terkait: VW mengantarkan ChatGPT langsung kepada Anda dengan chatbot diluncurkan ke mobil