Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro debut dengan tampilan baru, foto AI yang lebih cerdas

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro debut dengan tampilan baru, foto AI yang lebih cerdas

Google Pixel 8 dan Pixel 8 pro akhirnya resmi, yang berarti bagian terakhir dari teka-teki ponsel pintar tahun 2023 telah ada. Duo yang telah lama ditunggu-tunggu ini menghadirkan desain yang disempurnakan, versi baru Android, dan pembaruan kamera berulang yang akan membantu mereka menyaingi yang terbaik yang ditawarkan oleh Samsung, Apple, dan seluruh dunia ponsel.

Namun, tidak seperti generasi sebelumnya, Pixel 8 Pro bukanlah produk unggulan yang bernilai tinggi. Kenaikan harga menjadi $999/£999 telah mendorongnya sepenuhnya ke wilayah premium bersama Apple iPhone 15 Pro dan Samsung Galaxy S23 Ultra. Pixel 8 seharga $699/£699 juga mengalami kenaikan harga.

Read More

Piksel 8 Pro

Google Pixel 8 Pro Sky depanGoogle Pixel 8 Pro Sky depan

Google Pixel 8 Pro hadir dalam warna Obsidian (hitam), Porselen (krem), dan Bay (biru), dengan kaca belakang kini menggunakan lapisan matte tahan sidik jari. Sudut membulat yang lebih dramatis langsung membedakannya dari generasi sebelumnya.

Ini memiliki peningkatan visual yang lebih signifikan dari kedua ponsel, setelah membuang tampilan tepi melengkung pada Pixel 7 Pro dan memilih panel datar. Layarnya masih berukuran besar 6,7 inci, tetapi resolusinya sedikit turun menjadi 2992×1344. Teknologi LTPO berarti kecepatan refresh variabel 120Hz kini dapat turun hingga 1Hz untuk menghemat baterai. Google menyebutnya “Layar Super Actua”, karena kecerahan puncak 2400 nits yang menakjubkan. Ini juga akan menghasilkan 1600 nits saat memutar konten HDR.

Rak kamera belakang telah disederhanakan, dengan ketiga lensa kini berada dalam satu oval besar. Potongan baru di bagian samping berisi sensor suhu – menurut Google, ini akan berguna untuk mengukur minuman, panci masak, dan air mandi dengan cepat.

Kamera tersebut menerima sensor baru, dengan kamera utama 50MP menjanjikan sensitivitas cahaya rendah 21% lebih baik. Telefoto 48MP tetap menjadi pilihan terbaik untuk zoom optik 5x, namun kini menjanjikan hasil zoom-in yang lebih jernih di malam hari. Ultrawide mengalami perubahan terbesar, dengan jumlah piksel melonjak menjadi 48MP dan pengumpulan cahaya meningkat sebesar 105%. Sekarang juga dapat mengatur bidikan makro dari jarak 2cm. Terakhir, kamera selfie depan mendapatkan fokus otomatis untuk pertama kalinya.

Peningkatan yang lebih besar ditemukan di sisi perangkat lunak. Fungsi Best Take berbasis AI menarik ekspresi wajah dari beberapa bingkai untuk membuat foto gabungan di mana semua orang yang difoto sedang melihat ke kamera. Google juga untuk pertama kalinya menambahkan serangkaian kontrol manual lengkap dan dukungan untuk foto 50MP di seluruh rentang zoom – tetapi hanya untuk Pixel 8 Pro. Vanila Pixel 8 ketinggalan. Pada akhirnya, ia juga akan menggunakan cloud untuk menyempurnakan video dengan cahaya redup di pembaruan mendatang.

Kedua Pixel mendapatkan prosesor Tensor G3 terbaru buatan Google, yang menjanjikan lebih banyak suara dibandingkan pendahulunya sekaligus lebih hemat daya – sesuatu yang dihadapi oleh seri Pixel 7. Ini dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 128, 256, atau 512GB, sementara pelanggan AS juga bisa mendapatkan model 1TB. Performa mentah hampir pasti akan berada di bawah pesaing yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 andalan Qualcomm, tetapi pengoptimalan AI Tensor akan membantu menjaga Android tetap berjalan dengan lancar.

Seri Pixel 8 diluncurkan dengan Android 14, yang juga segera tersedia untuk perangkat Pixel lama. Ada fokus besar pada penyesuaian tahun ini, dengan templat layar kunci baru, tema monokromatik yang menampilkan kembali warna UI, dan dukungan untuk gambar Ultra HDR. Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga berada di urutan pertama untuk wallpaper yang dihasilkan AI.

Kapasitas baterainya sekarang 5050mAh, sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu, dan Google mengatakan ponsel ini dapat menangani pengisian daya 30W melalui USB-C. Tentu saja Pixel 8 Pro masih mendukung pengisian nirkabel dan nirkabel terbalik.

Piksel 8

Barang keren Google Pixel 8Barang keren Google Pixel 8

Google Pixel 8 tetap menjadi model yang lebih umum, menghilangkan sensor kamera belakang ketiga Pro dan membuat beberapa pemotongan perangkat keras lainnya. Itu mendarat dalam warna Obsidian, Rose, dan Hazel.

Ukuran layar telah menyusut menjadi 6,2 inci (turun dari 6,32 inci pada Pixel 7), tetapi resolusinya tetap sama 2400×1080 dan masih menggunakan teknologi panel AMOLED. Kecepatan refresh telah meningkat dari 90Hz ke 120Hz yang lebih lancar, tetapi hanya dapat beralih antara 120Hz dan 60Hz – tidak ada mode variabel penuh di sini. Teknologi kecerahan Actua Display berarti puncak 2000 nits di sini, atau 1400 nits untuk konten HDR.

Pengaturan kamera ganda menggunakan lensa sudut lebar 50MP dan ultrawide 12MP, yang mendapatkan Fokus Makro untuk pertama kalinya. Tahun lalu Anda harus beralih ke model Pro untuk mendapatkan kemampuan memotret jarak dekat. Namun, kamera selfie 10,5MP tetap fokus.

Pilihan penyimpanannya adalah 128 atau 256GB, dengan kedua versi mendapatkan RAM 8GB. Baterai 4575mAh merupakan peningkatan kapasitas yang kecil dibandingkan upaya tahun lalu, dan mendukung pengisian daya USB-C 30W serta isi ulang nirkabel.

Kedua ponsel tersedia untuk pre-order sekarang, dan akan dijual mulai 12 Oktober.

  • Terkait: Apa saja smartphone terbaik untuk fotografi?

Related posts