Fiat 600e baru merupakan crossover EV bercita rasa Italia

Fiat telah meluncurkan 600e, sebuah crossover listrik baru yang didasarkan pada fondasi yang sama dengan Jeep Avenger terbaru dan sangat dipuji. Ia memiliki banyak gaya retro yang mirip dengan Fiat 500e yang lebih kecil namun laris, tetapi mengemas baterai 54kWh yang lebih besar yang mampu diperkirakan menempuh jarak 250 mil. Sistem pengisi daya cepat 100kW berarti pengisian daya hingga 80% dalam waktu sekitar 30 menit.

Dari segi performa, Fiat 600e kemungkinan mampu mencapai 0-62 dalam 9 detik berkat motor listrik 115kW yang menyalurkan tenaga 154bhp ke roda depan. Kecepatan tertinggi adalah 93mph.

Read More

Fiat 600e dengan panjang 4,17m sama seperti 500e yang lebih besar, dengan banyak sentuhan gaya yang apik dan velg yang menarik melengkapi garis desain yang cukup minimalis. Sementara itu, kokpitnya dihiasi beberapa fitur yang mengingatkan kita pada Jeep Avenger dan mengusung dasbor berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan layar sentuh tengah berukuran 12,25 inci.

Versi Fiat 600e Red akan berharga €35,950 (sekitar £30,700 di Inggris), sedangkan edisi Prima yang terisi penuh akan berharga €40,950 (kira-kira £35,000). Dengan menjaga harga tetap terjangkau, Fiat berharap 600e akan menjadi alternatif yang menggiurkan terhadap persaingan ketat dari Hyundai Kona, Kia Niro EV, dan crossover mungil EX30 Volvo yang baru-baru ini diumumkan.

Perusahaan juga menggunakan acara tahunan Fiat Brand Day, yang diadakan di atap gedung ikonik Lingotto di Turin, untuk menguraikan peningkatan fokusnya pada masa depan kendaraan listrik saja. Salah satunya akan mencakup Fiat Topolino, city car listrik kecil yang didasarkan pada mobil Ami yang lucu dari Citroen. Seperti yang Anda harapkan, mobil kecil ini telah diberi tema desain khas Italia, dengan warna bodi tunggal dan banyak gaya yang apik.

Versi 'musim panas' Topolino Dolce Vita tanpa pintu seharusnya cocok untuk berjalan-jalan di sekitar Turin atau Milano, sedangkan Topolino standar (lengkap dengan pintu) mungkin lebih cocok untuk iklim Inggris.

Ada jangkauan sekitar 46 mil dari paket baterai kecil 5,5kWh dan motor ramping 6kW, 8bhp, yang menghasilkan kecepatan tertinggi 28mph.

Harganya juga sangat mahal di negara asal Fiat, sekitar €7.500 dengan opsi untuk membelinya langsung, atau melalui opsi pembayaran bulanan sekitar €39 yang membuatnya bersaing dengan transportasi umum Italia. Ini akan dilepaskan di jalan-jalan kota pada tahun 2024.

  • Terkait: Ulasan Abarth 500e – yang pertama dari generasi baru

Related posts